Mudah Dipahami Ini Pengertian Pers Beserta Fungsinya

by admin_mozaic
Mudah Dipahami Ini Pengertian Pers Beserta Fungsinya

Secara umum, pengertian pers  sendiri merupakan salah satu media massa maupun lembaga sosial yang melakukan kegiatan jurnalistik. Dimana produk yang dihasilkan sendiri bisa mencakup gambar, grafik, suara, dan tentunya tulisa. Dimana semua itu bisa dimanfaatkan melalui media cetak maupun digital untuk proses penyebarannya sendiri. Dengan begitu banyak orang yang akan memperoleh insight dari produk yang dihasilkan oleh pers tersebut harapannya ke depan.

Dalam artian sempit sendiri pers juga sering diartikan sebagai seluruh media cetak. Dimana media yang dimaksud tersebut tentunya tidak jauh dari produk cetakan. Sebut saja majalah, koran, tabloid, hingga buletin dan juga berita. Lain halnya dengan definisi pers dalam artian   yang luas. Dimana nantinya pers bisa mencakup media massa seperti halnya radio, media online, televisi, dan juga media cetak itu sendiri pastinya.

Jika dilihat dari segi etimologinya sendiri, kata pers berasal dari kosakata bahsa inggris yaitu press. Dimana artinya sendiri adalah tekanan atau mesin pencetak, dengan begitu press disebut juga sebagai sebuah mesin cetak. Dengan begitu nantinya hasil produknya sendiri akan berupa karya tulis yang dicetak dalam lembaran kertas tentunya. Sedangkan dalam uu no 40 pada tahun 1999 silam, pers mempunyai artian sebuah lembaga sosial dan juga wadah komunikasi bagi massa. Prakteknya sendiri meliputi kegiatan jurnalistik yaitu kegiatan meliput, menyelidiki, mencari, menemukan, menyimpan, mengolah, dan juga menyampaikannya kemabli.

Baik itu dalam bentuk gambar, suara, video, tulisan, dan juga berbagai macam format lainnya. Tentunya semua produk yang dihaslkan oleh proses jurnalistik tadi menggunakan berbagai macam media dengan saluran yang ada. Sedangkan fungsi utama dari pers sendiri yaitu sebagai pengamat sosial yang mana berguna untuk mengumpulkan hingga menyebarkan informasi. Fungsi yang kedua yaitu sebagai alat sosialisasi yaitu untuk mengetahui nilai sosial dan menurunkannya ke generasi selanjutnya. Terakhir yaitu  fungsi korelasi sosial alias social correlation dimana nantinya pers digunakan untuk alat pemersatu bangsa tentunya. Hal tersebut pastinya bisa dicapai apabila pandangan tertentu disebarluaskan dan mencapai titik konsensus tersendiri tentunya.

You may also like