Penasaran Dengan NFT Marketplace Ini Ulasannya

by admin_mozaic
nft marketplace

Nama NFT Marketplace belakangan ini semakin ramai terdengar di sepanjang 2021. Platform ini merupakan tempat menjual aset digital yang dapat menjadi peluang baru untuk mendapatkan penghasilan. Sudah banyak masyarakat yang mendapatkan keuntungan dari NFT dengan jumlah beragam. Berikut informasi penting yang perlu diketahui tentang NFT:

Definisi

NFT Marketplace adalah fasilitas yang digunakan untuk menampilkan NFT serta memperjualbelikannya. Sederhananya, platform ini merupakan situs/pasar yang digunakan untuk membeli berbagai barang, namun fokusnya adalah produk NFT.

Banyak kolektor digital yang melakukan transaksi maupun membuat sendiri token NFT-nya sebagai representasi akan kepemilikan sebuah aset atau item yang unik. Item ini dapat berwujud fisik maupun digital (tidak berwujud fisik). Perkembangannya dimulai dari DeFi Summer pada 2020 lalu dimana TVL di DeFi meningkat drastis hingga 20 miliar dolar.

Di sini NFT merupakan aset crypto yang paling banyak memberikan pengaruh, sehingga namanya melambung di kalangan para investor maupun selebritas dunia. Tingginya keterlibatan dalam perdagangan NFT membuatnya mencatat rekor hingga menjual 2.5 miliar dolar di tahun 2021.

Platform

Dalam NFT Marketplace terdapat dua tipe, yakni khusus dan universal. Marketplace yang bersifat universal biasanya memiliki ketersediaan jenis aset lebih beragam. Sedangkan sesuai namanya, marketplace khusus memuat kategori tertentu contohnya item game atau koleksi game card. Berikut ini beberapa contoh marketplace yang populer dan berfokus pada seni digital sehingga kepemilikannya dianggap berharga:

1. Rarible

Rarible adalah pasar NFT yang didominasi oleh pemegang token bernama RARI. Di sini pembeli bisa menemukan beragam koleksi seni maupun item lain melalui menu Top Collections, Hot Bids, Live Auctions, dan lain sebagainya.

2. Nifty Gateway

Sesuai namanya, platform ini menjual aset Nifty, yani beragam jenis item yang bersifat digital. Kepopuleran Nifty Gateway terus meningkat karena pernah menjual karya beberapa seniman yang terkenal.

Beberapa diantaranya seperti Beeple, Steve Aoki, serta deadmau5. Hingga kini, Nifty Gateway telah mengantongi rekor menjual NFT paling mahal di dunia yaitu 69.3 juta pada karya Everyday’s The First 5000 Days.

3. OpenSea

Pasar NFT ini populer akan basisnya yang bernama blockchain Ethereum. Pengguna bisa menemukan berbagai jenis NFT yang menjadi representasi kepemilikan item virtual, karya seni, bahkan koleksi kartu. Di sini pengguna bisa membuat koleksi sendiri kemudian mengunggah karyanya. OpenSea menjadi platform yang tepat untuk penjualan karya tersebut.

4. SuperRare

Mengusung nama yang cukup membuat penasaran, SuperRare merupakan platform yang menjalin kerjasama dengan banyak seniman terkemuka. Kolaborasi ini menghasilkan banyak koleksi digital dan diamankan menggunakan kriptografi di blockchain, dinamakan CryptoArt. Karya-karya yang unik serta otentik serta pameran rutin membuat SuperRare menjadi salah satu yang paling digemari.

Persiapan untuk Menggunakan NFT Marketplace

Menggunakan NFT marketplace memang menarik dan menguntungkan. Namun sebelum mulai bertransaksi, pengguna perlu menyiapkan beberapa hal. Apa saja yang perlu disiapkan? Berikut daftarnya:

  • Akun pengguna. Ini merupakan hal utama yang harus ada agar bisa bertransaksi di marketplace. Daftar melalui platform, namun biaya yang dikenakan untuk pendaftaran bisa berbeda-beda tergantung platformnya.
  • Dompet crypto. Digunakan sebagai tempat penyimpanan koin untuk bertransaksi di NFT. Semua marketplace dilengkapi dengan dompet yang sudah kompatibel dengan blockchain masing-masing.
  • Agar bisa bertransaksi di NFT, pengguna wajib mengisi koin crypto ke dalam dompetnya. Cryptocurrency ini wajib didukung marketplace yang hendak digunakan.

Itu tadi ulasan seputar NFT Marketplace yang menjadi peluang yang menarik untuk mendapatkan penghasilan secara online. Tidak hanya membeli dan menjual, pengguna juga berkesempatan untuk menjual sendiri asetnya. Untuk itu, perlu menggunakan platform yang terpercaya. Salah satunya aplikasi Pintu dimana pengguna dapat memulai jual beli aset crypto serta bitcoin dimulai dari 11 ribu.

 

You may also like