Penyebab Kenapa GB WhatsApp Tidak Bisa Di Instal yang Sering Terjadi

by admin_mozaic
Penyebab Kenapa GB WhatsApp Tidak Bisa Di Instal yang Sering Terjadi

GB WA memiliki beberapa fitur yang tidak bisa didapatkan di WA biasa. Ketahui lebih lanjut di journal-litbang-rekarta.co.id. Namun sebagai aplikasi pihak ketiga, terkadang GB WhatsApp mengalami kegagalan penginstalan. Karenanya dalam artikel ini akan dibahas beberapa penyebab kenapa GB WhatsApp tidak bisa di instal. Simak berikut ini:

1. Instalan Aplikasi Tidak Terpercaya

Instalan GB WhatsApp bukanlah instalan resmi yang akan didistribusikan melalui layanan penyedia aplikasi. Pengguna harus mencarinya di internet yang pastinya akan memunculkan sumber dari berbagai situs web dari mana saja. Hal tersebut menyebabkan semakin tidak terjaminnya sumber instalan aplikasi GB WhatsApp. 

Terkadang paket instalan aplikasi tidak terbaca oleh ponsel. Beberapa instalan aplikasi juga mengalami error saat dibuka di ponsel. Pengguna juga perlu berhati-hati karena paket instalan aplikasi bisa saja membawa virus ke dalam ponsel. Dapatkan paket instalan aplikasi GB WhatsApp hanya dari sumber terpercaya.

2. Versi WA GB Terlalu Lawas

Saat mengunduh instalan aplikasi WA GB, terkadang pengguna mencari versi lawas dari aplikasi tersebut. Tujuannya biasanya adalah untuk menyesuaikan dengan ruang memori yang tersedia di ponsel. Versi lawas dari sebuah aplikasi akan memiliki ukuran unduhan dan instalan aplikasi yang lebih kecil hingga bisa dipasang pada ponsel yang ruangnya hanya sedikit.

Namun bukan berarti semakin lawas versi yang dipakai akan berarti bagus. Nyatanya mengunduh versi WA GB yang terlalu lawas bisa menjadi alasan kenapa GB WhatsApp tidak bisa di instal. Paket instalan aplikasi dengan versi sangat lawas bisa saja tidak terbaca oleh ponsel karena tidak sesuai dengan spesifikasinya.

3. Instalan Terblokir Oleh Ponsel

Masalah yang paling sering ditemui adalah paket instalan yang terblokir oleh ponsel. Hal ini tentu saja dikarenakan aplikasi ini adalah aplikasi pihak ketiga. Paket instalan aplikasi pihak ketiga akan terdeteksi sebagai aplikasi dari sumber tidak dikenal. Sistem keamanan ponsel akan otomatis memblokirnya demi keamanan ponsel.

Untuk mengatasi hal ini, pengguna bisa mengakalinya dengan mengubah peraturan ponsel. Pengguna bisa masuk ke bagian keamanan ponsel di menu pengaturan. Setelahnya pengguna bisa menyalakan izin untuk aplikasi dari sumber tidak dikenal. Namun pengguna harus berhati-hati karena dengan begitu, ponsel pengguna akan rentan diserang malware.

4. Aplikasi WA Biasa Masih Terinstal

Penyebab yang terakhir adalah penyebab yang banyak pengguna tidak menyadarinya. GB WhatsApp tidak mau terpasang karena masih ada aplikasi WA resmi yang terpasang di ponsel. Nyatanya, aplikasi GB WhatsApp tidak mau dijalankan bersandingan dengan aplikasi WA resmi. Ponsel akan mendeteksi ada dua aplikasi WhatsApp pada satu ponsel.

Untuk itu, sebelum menginstal GB WhatsApp, hapus saja instalan aplikasi WA resmi terlebih dahulu. Setelahnya baru lakukan penginstalan WA GB. Jangan lupa untuk melakukan pencadangan sebelum menghapus instalan WA supaya nantinya riwayat chat bisa dipulihkan.

Setelah mengetahui apa saja penyebab gagalnya instalan GB WhatsApp, pengguna mungkin mengalami salah satu diantaranya. Hindari semua penyebab kenapa GB WhatsApp tidak bisa di instal agar instalan berhasil dilakukan. Semoga bermanfaat.

 

You may also like