Bosan sama Jakarta? Bogor Punya 5 Tempat Wisata yang Belum Ramai Dikunjungi!

by admin_mozaic
Danau Jayamix Rumpun

Liburan nggak mesti jauh-jauh, Bogor juga punya banyak tempat seru.

Penat dengan kerjaan kantor, atau rutinitas di kampus yang gitu-gitu aja? Nggak ada salahnya kamu merencanakan weekend getaway. Kali ini, mampir ke Bogor aja. Kalau tahun lalu Bogor banyak banget dibicarain karena Gunung Pancar-nya yang kasih suasana beda, sekarang kami menemukan lima tempat antimainstream lain yang wajib dikunjungi di Bogor nih! Siap-siap kendaraan, karena tempat ini beberapa ada yang kurang ramah transportasi umum. Yaa, pakai motor juga cukuplah.

Danau Jayamix Rumpun

Danau Jayamix Rumpun

Danau Jayamix Rumpun

Pertama, ada Danau Jayamix Rumpun atau biasa disebut juga Danau Quarry. Danau ini terletak di daerah Dusun Nunggaherang, Tegallega, Cigudeg. Dramaga sananya lagi pokoknya. Katanya, danau ini berasal dari bekas galian pasir yang sudah nggak digunakan dan akhirnya dipenuhi dengan air. Makanya nggak usah heran kalau daerah sekitar danau ini berbatu dan berpasir.

Danau ini memang terletak agak di pedalaman, sehingga membutuhkan usaha ekstra untuk mencapainya. Sebaiknya kamu menggunakan sepeda motor. Cukup membayar parkir Rp10.000, tanpa biaya lainnya. Jangan lupa bawa camilan supaya nggak kelaparan di tengah jalan.

Penangkaran Rusa Cariu

Penangkaran Rusa Cariu

Penangkaran Rusa Cariu

Akhir-akhir ini, kota Bogor identik dengan rusa. Wisata memberi makan rusa di Istana Negara jadi salah satu tujuan utama setiap akhir pekan. Tapi, ngapain sama kayak orang lain yang kasih makan cuma dari luar pagar gitu aja? Mending ke Penangkaran Rusa Cariu. Di sini kamu bisa bermain langsung dengan rusa yang ada. Nggak ada pagarnya. Rusa ini nggak dikandangi dan bebas berkeliaran kemana aja. Jadi kamu bisa bebas mengambil foto. Kalau kamu punya 360-Degree Camera, pasti selfie-mu bakal lebih seru!

Hutan Wisata Catang Malang

Hutan Wisata Catang Malang

Hutan Wisata Catang Malang

Selain rusa dan danau, Bogor juga punya hutan pinus yang pas banget untuk foto-foto hipster ala selebgram. Bukan, bukan Gunung Pancar. Tempat wisata yang namanya Hutan Wisata Catang Malang ini letaknya memang agak jauh, di Kabupaten Cianjur, tapi dijamin kunjungan kamu nggak akan sia-sia. Kalau Gunung Pancar nggak terlalu sejuk layaknya hutan pada umumnya, Catang Malang ini punya udara yang segar dengan sensasi kabut sebagai selimut. Oh, ada juga area persawahan bisa membuat kamu sejenak melupakan kesibukan di kantor. Nah, selain hutan dan sawah, Catang Malang juga memiliki 3 curug (air terjun) yang bisa kamu kunjungi. Pas banget nih buat anak pecinta alam.

Gunung Kapur Ciampea

Gunung Kapur Ciampea

Gunung Kapur Ciampea

Mau lihat kota Bogor dari ketinggian, tapi bosan dengan puncak? Gunung Kapur Ciampea bisa jadi pilihanmu. Terletak di Kecamatan Ciampea, lokasi ini bisa dicapai dengan cukup mudah, bahkan dengan angkutan umum. Gunung Kapur Ciampea ini bakal disukai banget sama kamu yang hobi mendaki alias hiking. Untuk bisa naik ke puncak, biasanya kamu harus membayar Rp2.000 ke warga sekitar agar ditunjukkan jalan. Murah kan? Meski rata-rata cuma butuh sekitar 1 jam untuk sampai ke puncak, diakui track pendakian di tempat ini lumayan berat. Di atas juga tersedia camping ground untuk kamu yang pengin coba camping di tempat ini.

Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol

Selain Gunung Kapur Ciampea, ada lagi nih tempat hiking yang cukup oke buat kamu yang pemula. Belum berani naik ke puncak gunung yang tinggi banget gitu. Nama tempatnya Gunung Batu Jonggol dan ketinggian puncaknya cuma 875 MDPL. Selain tingginya yang nggak terlalu lebay, Gunung Batu juga punya medan yang biasa aja. Hampir semua manusia sehat bisa mencapai puncaknya. Tapi walaupun gampang, bukan berarti pemandangannya biasa aja. Siap-siap lihat yang hijau-hijau semua! Kalau kamu rajin sedikit, datanglah ke spot ini di kala matahari terbit. Konon katanya, pemandangannya Instagramm-able banget deh!

Jadi, tunggu apalagi. Segera rencanakan liburan kamu akhir pekan ini ke Bogor ya. Mumpung belum tanggal tua, jadi belum terlalu bokek.

You may also like