Stasiun Pasar Senen Memudahkan Transportasi

by admin_mozaic
Stasiun Pasar Senen

Stasiun Pasar Senen Memudahkan Transportasi – Warga Jakarta tentunya tidak asing lagi dengan stasiun yang satu ini. Letaknya berada di pasar yang merupakan pasar tertua Jakarta. Banyak warga yang mengenang salah satu stasiun ini sebagai tempat bersejarah.

Adapun sejarah stasiun pasar Senen dimulai pada masa penjajahan kolonial Belanda. Namanya sendiri merujuk pada lokasi salah satu pasar yang dibangun oleh pemerintah hindia-belanda di tahun 1733. Letaknya berada di area persimpangan jalan yang menghubungkan Batavia dengan kawasan Jatinegara yang dulu bernama Meester Cornelis serta berada di area Weltevreden.

Kegiatan di lokasi ini memobilisasi banyak orang sehingga ramai dan menggunakan stasiun sebagai area pusat untuk keluar masuk kawasan atau disebut juga main hub. Weltevreden pada zaman Belanda merupakan suatu kawasan yang berfungsi sebagai lokasi konsentrasi pemukiman orang-orang Eropa dan tinggal di kawasan Batavia.

Kini kawasan tersebut membentang dari arah RSPAD Gatot Subroto sampai museum Gajah. Kegiatan perekonomian di lokasi tersebut pun semakin ramai setelah adanya pasar dan stasiun.

Stasiun pasar Senen setelah selesai dibangun berfungsi sebagai perhentian kecil oleh Bataviasche Oosterspoorweg Maatschappij (BOS). perusahaan swasta kereta api Batavia Timur ini bertugas mengelola jalur kereta api dengan panjang 63 km serta menjadi penghubung Batavia dengan Karawang.

Melalui badan usaha kereta api milik Belanda (Staatsspoorwegen) pemerintah Hindia Belanda mengambil alih jalur stasiun tersebut serta membangun stasiun yang lebih besar agar dapat menampung mobilisasi masyarakat yang keluar masuk pasar Senen. Proyek pembangunan dipimpin oleh arsitek yang bernama J. Van Gendt.

Stasiun Pasar Senen diresmikan pada tanggal 19 Maret 1925. Awalnya dijadikan stasiun pusat selama setahun. selanjutnya pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1926 memilih menggunakan stasiun Gambir sebagai pusat. Di era modern tempat yang satu ini memang tetap kuat dan tidak tertelan zaman. Sampai saat ini tetap menjadi salah satu main hub pilihan warga luar kota saat akan datang ke Jakarta.

Selain melayani kereta api untuk berbagai jurusan stasiun yang satu ini juga kerap digunakan untuk stasiun kereta commuter. Rute commuter tersebut adalah Bogor – Jatinegara yang hanya berhenti di arah Jatinegara lalu Depok – Jatinegara cara dan juga Bekasi – Jakarta kota yang berhenti di arah Bekasi.

Di tahun 2021 terdapat rencana peran stasiun Gambir akan digantikan oleh stasiun Manggarai. Meskipun terdapat perubahan peta perjalanan kereta api stasiun Senen melayani kereta api jarak jauh untuk kelas ekonomi. Jadi stasiun tersebut dari sisi kapasitas tidak sepadat jalur Bekasi menuju Manggarai.

Sementara untuk data jarak jauh yang merupakan kelas eksekutif dan bisnis akan dipindahkan ke Manggarai dari Gambir. Pemindahan perang tidak bisa dilakukan secara sederhana tetapi akan dilakukan bertahap. Diperlukan koordinasi semua pihak agar rencana tersebut dapat terwujud.

Memang perlu dipersiapkan dari sekarang agar dapat terlaksana sesuai target. stasiun Gambir nantinya tidak akan dibiarkan begitu saja karena akan dimanfaatkan untuk kereta api khusus dan KRL Commuter Line. misalnya jika ada kereta api istimewa khusus kepresidenan ataupun acara khusus yang tidak terjadwal dapat melalui stasiun tersebut.

Sementara itu, untuk saat ini tetap beroperasi seperti semula dan banyak masyarakat yang menggunakan jalur ini agar lancar beraktifitas. bagi Anda yang ingin melihat informasi lengkap tentang perjalanan kereta api melalui stasiun pasar Senen bisa melihat informasinya di website tiket.com. Semoga bermanfaat.

 

 

You may also like